Friday, February 12, 2016

3 Makanan Nusantara yang Bau Tapi Tetep Aja Dimakan

Jika sebelumnya kita udah membahas tentang makanan-makanan bau dari seluruh dunia, gak afdol rasanya kalau kita gak ngebahas makanan-makanan yang bau dari negara kita sendiri. Soalnya kalau MBDC sampai gak membahas makanan dari negeri sendiri, nanti dikira gak nasionalis lagi. Lucunya meskipun udah tau makanan ini bau tapi masih tetep dimakan aja. Emang apa aja sih makanan-makanan bau itu?

Terasi

Terasi itu sebenernya adalah udang yang difermentasikan. Dibeberapa tempat terasi itu juga disebutnya belacan. Tapi sebenernya terasi ini punya nama keren lho yaitu shirmp paste. Nah buat orang Indonesia sih terasi itu merupakan salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. Karna Terasi ini biasinya dimakan dengan nasigoreng Kalau sudah jadi sambel terasi, meskipun bau biasanya akan malah menambah nafsu makan. Tapi beda lagi kalo kamu ngolah terasinya di luar negeri, terutama yang banyak orang bulenya. Sebab terasi yang digoreng atau dibakar itu baunya menusuk sekali bagi hidung para bule. Sampai-sampai ada yang dipanggilin polisi cuma gara-gara masak terasi. Ahh baru juga terasi aja udah keganggu, mungkin juga karena si Oom dan Tante bule belum pernah nyium yang namanya....

Pete



Yang berikutnya dan khas banget dari Indonesia itu apalagi kalau bukan pete. Beberapa orang sih nyebutnya petai, tapi sama aja kok. Biji pete ini tumbuh dari pohon yang termasuk dalam famili fabaceae atau polong-polongan. Biasanya sih pete yang diolah itu adalah pete yang masih muda. Terus beberapa hasil dari olahan dari pete yang terkenal itu adalah nasi goreng pete, sambel goreng ati pete, sambel pete sampai telur goreng yang dikasih pete. Meskipun pete ini bau banget, tapi tetep aja orang-orang masih mau makan pete. Malah banyak juga yang doyan banget sama pete. Tapi di tipi-tipi, pete itu seringnya digambarkan sebagai makanan orang kampung. Terus kalo ada cewek cantik biasanya najis banget sama yang namanya pete.

Jengkol





engkol ini sebenernya masih sodaraan sama pete karena juga termasuk dalam famili fabaceae atau polong-polongan. Tapi bau jengkol itu gak setajam baunya pete. Bentuk olahan yang paling sering ditemui dari jengkol itu adalah semur jengkol, rendang jengkol, dan jengkol balado. Meskipun jengkol itu berguna untuk mencegah diabetes dan baik untuk kesehatan jantung, tapi hati-hati dalam mengkonsumsi jengkol. Karena di dalam biji jengkol itu mengandung asam jengkolat, yaitu semacam asam amino yang bisa menyebabkan keracunan biji jengkol. Orang-orang sih sering nyebutnya penyakit jengkolan yang gejalanya antara lain kejang otot terutama bagian perut, mual muntah, sampai tetensi urin yang bisa mengakibatkan gagal ginjal akut. Makanya disarankan untuk tidak minum air jeruk setelah makan jengkol. Karena fusion antara air jeruk dan biji jengkol bisa mempercepat pembentukan asam jengkolat di dalam tubuh. Karena itulah orang-orang yang mengkonsumsi jengkol itu tidak sebanyak orang yang mengkonsumsi pete.



No comments:

Post a Comment