Thursday, February 4, 2016

Tempat-Tempat Paling Aman di Dunia

1. Fort Knox




Tempat ini memiliki dinding setebal 1.2 meter, yang diperkuat struktur baja dengan berat 750 ton. Untuk membobol tempat ini, Anda harus melewati empat pagar, dua di antaranya adalah pagar yang dialiri listrik, yang setiap pagarnya dijaga oleh satu tim penjaga bersenjata. Selanjutnya Anda juga harus melewati labirin yang berujung di gedung Fort Knox, dengan pintu utama yang dipanggil "daddy", yaitu sebuah pintu baja, dengan berat 22 ton. 



Untuk membukanya pintu tersebut dia harus punya kombinasi angka untuk lemari besi dan jika benar-benar ingin masuk tanpa kombinasi angka, Anda harus bertanya ke banyak penjaga, karena masing-masing penjaga pintu hanya tahu bagian kecil dari kombinasi angka tersebut. Tidak ada penjaga yang tahu semua bagian dari kombinasi pintu "daddy". 



Setelah masuk, Anda harus masuk lagi ke brankas-brankas kecil yang tersembunyi di dalam, yang tentunya memiliki kombinasi lagi.



Namun sistem keamanannya tidak berhenti di situ. Jika berhasil membobol Fort Knox maka akan ada emergency warning, dan ta-daa!! 30.000 tentara dari kamp militer Fort Knox akan menunggu Anda di luar karena Fort Knox juga tempat pelatihan militer AS. 


Apa sih yang ada di dalam Fort Knox? Fort Knox menyimpan kirang lebih 5.000 ton emas batangan, sehingga memiliki sistem keamanan yang super ketat.




2. Svalbard Global Seed Vault


Svalbard Global Seed Vault berada 120 meter di dalam gunung batu di pulau Spitsbergen, pulau di timur Greenland, yang hanya berjarak 1000 km dari Kutub Utara dan tidak banyak pengunjung ke sana. Jadi selain sebagai standar keamanan, tempat ini juga dijaga oleh beberapa beruang kutub.grin emoticon

Sistem keamanannya tidak hanya untuk melindungi isi dari penyusup, tapi juga dirancang untuk menahan "kiamat" sepert perang nuklir atau bencana alam yang memusnahkan manusia secara massal.



Svalbard yang berada di dalam gunung batu itu dapat menahan bencana nuklir, dan sejumlah gempa bumi berskala besar. Dan rencananya akan dibuat lagi yang baru di kedalaman sekitar 430 meter di atas permukaan laut, sehingga akan aman dalam beberapa dekade yang akan datang, tidak peduli seberapa cepat tingkat air akan naik. 



Svalbard Global Seed Vault menyimpan lebih dari 500.000 spesies tanaman dari seluruh dunia. Tujuannya adalah agar kita mampu membawa kembali spesies tanaman ini jika bencana global terjadi. Mungkin akhir dunia seperti asteroid di film Armagedon benar-benar menubruk bumi, tapi kita semua akan merasa 'baik-baik saja' karena kita akan 'reboot' tanaman dan pohon-pohon untuk memulihkannya setelah bencana. Tentu saja, benih ini mungkin tidak berharga, tapi cara ini mungkin dapat memulihkan bumi dari perang dunia ke-3 yang diprediksi akan terjadi perang nuklir.






3. Cheyenne Mountain


Cheyenne Mountain memiliki pintu seberat 25 ton di Gunung Cheyenne, yang dapat menahan ledakan 30 megaton. Sehingga ledakan dari 1.500 bom nuklir hanya akan membuatnya penyok.


Menurut pemiliknya, isi lemari besi ini sangat penting sehinggaa dikubur 600 meter di dalam gunung batu tituler. Yang jadi pertanyaan besar adalah: apa sih yang ada di dalamnya?



Di dalam Cheyenne Mountain terdapat kantor pemerintahan AS yang paling aman di dunia, terkubur begitu jauh ke dalam gunung batu sampai-sampai udara harus dipompa dari luar supaya karyawan dapat bernapas. Dan udara di dalam kantor dianggap sebagai udara terbersih di dunia, karena diproses oleh sistem yang menyaring bahan kimia, biologi dan nuklir dari udara.



Tempat ini juga tempat US Missile Warning Center dan NORAD selama perang dingin yang sekarang dipertahankan di status 'warm standby', karena menurut kru dan staf masih diperlukan untuk berjaga-jaga pada kemungkinan terburuk.



4. Iron Mountain


Iron Mountain Pittsburgh AS berada 60 meter di bawah tanah di tambang batu kapur tua, kubah dengan ukuran 500.000 persegi yang ultra aman. Jika Anda mau masuk ke dalam, Anda harus melewati dua poin penjagaan yang dijaga penjaga bersenjata. Mereka yang diizinkan masuk harus diperiksa dan disterilkan.


Tidak banyak yang tahu apa isi bangunan ini. Diperkirakan isi brankas bawah tanah ini berisi Tabut Perjanjian, reruntuhan Flight 93, foto asli dari Einstein yang sedang menjulurkan lidah dan surat paten asli untuk bola lampu yang ditandatangani oleh Thomas Alva Edison.



Brankas di Iron Mountain ini bisa disewa, karena Iron Mountain adalah tempat penyimpanan komersial dan identitas 95% dari pemilik brankas bersifat rahasia. Namun kebanyakan pemerintah AS yang menggunakan fasilitas ini, seperti barang-barang Smithsonian Institution dan Warner Brothers. Di antara barang yang disimpan ada sebuah pusat data bernama Room 48 yang berisi data rahasia pemerintahan AS.





5. Bahnhof, Stockholm


Bunker nuklir bekas ini berada lebih dari 30 meter di bawah jalanan Stockholm, yang dimiliki oleh Swedish internet provider Bahnhof. Tempat ini memiliki pintu baja setebal setengah meter dan server yang ditenagai oleh back-up generator yang dapat beroperasi selama berminggu-minggu meski tanpa aliran listrik utama, Bahkan pemerintahan AS tidak diijinkan masuk.

Bahnof HQ di Stockholm adalah tempat dari server Wikileaks. Banhof Computers yaitu Julian Assange dan teman-temannya mengisi server ini dengan data yang sangat rahasia, berita dan media lain dari rahasia Pemerintah AS dan organisasi besar lainnya yang tidak boleh diketahui umum.


(sumber: Kaskus)

No comments:

Post a Comment