Thursday, February 25, 2016

Tempat-Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Ternate

1. Pantai Jikumalamo




Pantai Jikumalamo terletak di ujung utara pulau Ternate. Untuk menuju lokasi ini bisa dengan menyewa kapal dari Hol Sulamadaha atau bisa melewati jembatan baru yang sudah dibangun membelah hutan hingga ke Jikumalamo. Di pantai ini kamu akan merasakan nikmatnya sebuah pantai pribadi, tak ada seorang disini kecuali rombongan kalian yang menyeberang kemari. Bawalah perbekalan jika ingin menikmati indahnya Jikumalamo karena tidak akan kalian temukan penjual disini. Usai berwisata tolong jangan buang sampah disini, karena tidak ada petugas yang membersihkan.


2. Pantai dan Hol Sulamadaha


Sulamadaha adalah sebuah pantai berpasir hitam, pasir yang berasal dari material vulkanik gunung Gamalama karena yang menarik adalah Ternate bukanlah kaki gn. Gamalama melainkan punggung gunung dasar laut yang muncul ke permukaan. Sebagian menjadi puncak gunung dan sebagian lain menjadi pantai yang indah. Di seberang Sulamadaha ada gunung yang menjulang gagah hingga menembus awan yaitu gunung Hiri dan ada sebuah pantai tanpa penghuni yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu pantai Jikumalamo.



Sulamadaha menjadi lokasi favorit masyarakat Ternate untuk melepas penat di akhir pekan. Disini kamu bisa menikmati desir angin dan deburan ombak dari laut pasifik, jika tak puas hanya sekadar memandang datanglah di pagi hari untuk berenang ketika ombak belum menggulung kencang, menaiki sampan, banana boat, menikmati pemandangan air sebening kaca, snorkeling, bahkan scuba diving pun bisa dilakukan, dan jika beruntung kamu bisa bertemu penyu yang sedang asyik berenang menikmati kesegaran laut Sulamadaha.





3. Masjid Agung Ternate, Al-Munawwar

Masjid agung di Indonesia adalah sebuah hal yang biasa, lalu apa yang membuat masjid Al-Munawwar ini luar biasa? Tak lain dan tak bukan adalah masjid ini didirikan di atas laut, jadi ketika sholat kamu bisa merasakan sejuknya desiran angin laut. Ketika sore hari masjid ini akan begitu ramai pengunjung yang berenang di laut sebelah masjid ini.




4. Geowisata, Batu Angus

Di Ternate ada salah satu tempat yang wajib disinggahi para pengunjung untuk merasakan sisa kedahsyatan letusan Gunung Gamalama. Batu Angus nama tempat tersebut yang dipercaya hasil letusan Gamalama tahun 1673. Gunung Gamalama termasuk tipe stratovulkano, gunung api kerucut, yang merupakan salah satu dari tiga gunung berapi aktif di Indonesia selain Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Gunung Raung di Jawa Timur. Dalam histori menurut data Badan Geologi, Gamalama pertama kali erupsi tahun 1538 dan terakhir kali terjadi erupsi pada bulan Juli 2015. Dinamakan Batu Angus karena bongkahan-bongkahan batu yang terhampar di kaki Gunung Gamalama ini berwarna hitam dan seperti baru saja terbakar.




5. Danau Tolire, danau mistis di Ternate

Terletak 10 km dari pusat kota Ternate, Danau Tolire menjadi objek wisata wajib jika bertandang ke Ternate, karena pesona keindahannya mampu membius setiap pengunjung. Keberadaan Danau Tolire tak lepas dari mitos masyarakat setempat yang berkembang hingga sekarang. Konon pada zaman dulu ada seorang ayah yang menghamili anak gadisnya dan akibat tindakan tercela tersebut tanah di desa tersebut ambles dan membentuk danau seperti yang dikenal sekarang. Danau yang terbentuk sebenarnya ada dua, Danau Tolire Besar (Lamo), lambang dari sang ayah dan Danau Tolire Kecil (Ici), lambang dari anak gadis yang dihamili. Jarak kedua danau ini sekitar 200 meter.

Tradisi Unik Melempar Batu. 
Terdapat tradisi unik yang dilakukan setiap orang yang mengunjungi Danau Tolire, yakni melempar batu ke danau. Tradisi ini menjadi unik karena setiap orang yang melempar batu ke arah danau, sekuat apapun itu, batu tersebut tak akan sampai ke danau, sampai ke permukaannya pun tidak. Entah energi mistis atau gravitasi yang membuat batu yang dilempar tersebut seakan kembali lagi. Saat kesini Anda tak perlu susah-susah mencari batu untuk membuktikan kebenaran akan tradisi unik ini, karena di sekitar danau sudah banyak penjual batu dengan harga Rp 5.000,00 untuk sekantong kresek. Tak cukup disitu, di Danau Tolire juga dipercaya terdapat buaya putih sebagai penunggu danau ini dan menampakkan diri disaat-saat tertentu. Panjang buaya ini konon mencapai 10 meter. Tak heran jika tak seorang pun berani mandi, berenang, atau memancing di tempat ini.




6. Pantai Fitu, pantai uang seribu

Coba sekarang buka dompetmu dan keluarkan lembaran rupiah pecahan seribu, disitu akan ada gambar pantai kapal dan gunung. Lokasi yang diabadikan dalam mata uang pecahan seribu Rupiah itu berlokasi di pantai Fitu, Ternate. Dari lokasi tersebut dapat terlihat laut pasifik, gunung maitara, dan gunung Tidore.



7. Menikmati sunrise di Pantai Falajawa

Pantai Falajawa berlokasi di pusat kota Ternate, lokasinya tepat berada di depan ex kantor Gubernur Prov. Maluku Utara. Lokasi ini biasa digunakan untuk spot pengambilan foto matahari terbit, paling bagus diambil dari pelabuhan kapal di pantai ini. Tiap pagi di lokasi ini sangat ramai pengunjung yang berolah raga jogging hingga berenang dan bila lapar ada banyak penjual kacang hijau yang berjejer rapi siap menemani pagimu disini, menghangatkan sanubari sembari menunggu sang mentari.





8. Bukit Bunga

Bunga, tanaman yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat Ternate. Tak akan sulit untuk menemukan bunga disini karena di tiap sudut rumah pasti ada bunga-bunga yang ditanam. Namun ada sebuah bukit yang special yaitu bukit bunga, sebuah lokasi yang begitu romantis dan sayang untuk dilewatkan.





(sumber: kaskus)


No comments:

Post a Comment