Tuesday, February 23, 2016

Manfaat Mandi Malam Dengan Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh


Mandi malam hari kerap dilakukan oleh pekerja yang sampai dirumah malam hari. Selain untuk membersihkan badan, mandi malam hari akan membuat badan menjadi rileks dan segar. Meskipun banyak orang yang enggan mandi pada malam hari namun karena tuntutan kerja dan kelelahan, banyak orang mandi saat malam hari untuk membersihkan badan, tentunya mandi dengan air hangat. Sebab, mandi malam dengan menggunakan air hangat ternyata mempunyai banyak manfaat, di antaranya sebagai berikut.



1. Memberikan kesegaran yang lebih



Mandi malam ternyata bermanfaat untuk membuat badan lebih segar. Setelah lelah beraktifitas seharian, mandi menjadi salah satu cara untuk merileksasi tubuh, melonggarkan otot-otot tegang dan melepaskan sejenak kepenatan selama seharian beraktifitas. Badan kotor dan lengket berubah menjadi lebih segar dan merasa lebih nyaman. Gunakan air hangat untuk mandi malam hari karena suhunya lebih bersahabat pada tubuh di malam hari dan tidak membuat masuk angin serta resiko reumatik.



2. Memberikan ketenangan


Ketika baru pulang dari beraktifitas seharian, badan penuh dengan keringat, capek, dan lunglai. Maka dengan mandi malam-pun anda bisa merasakan ketenangan yang lebih oleh air yang hangat mengaliri tubuh anda.


3. Menghangatkan tubuh


Mandi malam dengan air hangat bisa menghangatkan tubuh, tubuh yang lelah dengan kedinginan karena angin malam akan dihangatkan dengan mandi air hangat. Rasanya akan nyaman dan segar, apabila anda kedinginan dalam perjalanan, maka setelah sampai di rumah maka mandilah dengan air hangat untuk membuat tubuh rileks dan hangat.


4. Membuat tubuh lebih rileks



Telah disebutkan sebelumnya bahwa mandi malam mampu membuat rileks tubuh. Otot-otot tubuh yang tegang dan kaku selama seharian menjadi kendor akibat siraman air hangat di badan dan tubuh-pun lebih rileks dan nyaman.



5.  Menurunkan tekanan darah



Mandi malam juga dapat menurunkan tekanan darah, tekanan darah yang sempat meninggi sesaat bisa menurun karena kita sudah rileks. Jadi cocok untuk anda yang mempunyai darah tinggi untuk sering-sering mandi malam dengan air hangat.



6. Melancarkan peredaran darah



Air hangat saat mandi malam mampu melancarkan peredaran darah, peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh menjadi lebih hangat, otot-otot rileks dan tenang dan tubuh menjadi lebih nyaman. Manfaat melancarkan peredaran darah inilah yang bisa didapatkan apabila kita berendam di air panas. Walau terasa panas namun tubuh akan lebih merasa nyaman saat sudah melakukan adaptasi.



7. Terhindar dari penyakit kulit



Mandi malam bisa menghindarkan kita dari penyakit kulit seperti gatal-gatal akibat jamur dan kuman. Aktivitas tinggi pada siang hari pastilah membuat banyak kotoran dan kuman menempel di badan. Belum lagi keringat kita sendiri, dengan memaksa mandi pada malam hari walau dengan air hangat dapat menghindarkan kulit dari tumpukan kotoran dan bekas keringat yang memicu terjadinya jamur.



8. Waktu mandi bisa lebih lama



Mandi malam hari lebih menenangkan dan bisa dinikmati karena tidak ada beban lagi seperti terburu-buru seperti mandi pada pagi hari. Mandi bisa dinikmati dan membersihkan diri bisa lebih maksimal. Karena waktunya lebih lama, kita bisa melakukan perawatan kulit lainnya selain berendam, seperti luluran dan lainnya. Dengan begini mandi malam akan terasa lebih menyenangkan.



(sumber: kaskus)

No comments:

Post a Comment